Bagaimana orang tua dapat menemukan tanda-tanda peringatan autisme pada anak-anak mereka

Sebagai orang tua, Anda berada dalam posisi terbaik untuk menemukan tanda-tanda autisme yang paling dini. Anda mengenal anak Anda lebih baik daripada siapa pun dalam mengamati perilaku dan kebiasaan aneh yang dilakukan seorang anak situs ini . Dalam kunjungan singkat lima belas menit ke seorang dokter anak, mungkin tidak memiliki kesempatan untuk melihatnya. Dokter anak Anda bisa menjadi mitra yang berharga, tetapi jangan mengabaikan pentingnya pengamatan dan pengalaman Anda sendiri. Kuncinya adalah mendidik diri sendiri sehingga Anda tahu apa yang normal dan apa yang tidak pada perilaku dan kondisi anak anda, supaya anda bisa mengetahui apakah anak anda benar-benar seorang penyandang disabilitas mental autisme atau bukan.

Pantau perkembangan anak Anda. Autisme melibatkan berbagai keterlambatan perkembangan, jadi perhatikan dengan cermat kapan — atau jika — anak Anda mencapai tonggak penting sosial, emosional, dan kognitif adalah cara yang efektif untuk menemukan masalah sejak dini. Meskipun keterlambatan perkembangan tidak secara otomatis mengarah ke autisme, mereka mungkin menunjukkan risiko yang lebih tinggi.

Ambil tindakan jika Anda khawatir. Setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda, jadi Anda tidak perlu panik jika anak Anda sedikit terlambat untuk berbicara atau berjalan. Ketika datang ke perkembangan yang sehat, ada berbagai “normal”. Tetapi jika anak Anda tidak memenuhi tonggak untuk usianya, atau Anda curiga ada masalah, segera bagikan kekhawatiran Anda dengan dokter anak Anda. Jangan menunggu.

Jangan menerima pendekatan tunggu dan lihat. Banyak orang tua yang khawatir diberitahu, “Jangan khawatir” atau “Tunggu dan lihat.” Tetapi menunggu adalah hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Anda berisiko kehilangan waktu yang berharga pada usia di mana anak Anda memiliki peluang terbaik untuk perbaikan. Lebih jauh, apakah keterlambatan disebabkan oleh autisme atau faktor lain, anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan tidak mungkin hanya “tumbuh keluar dari” masalah mereka. Untuk mengembangkan keterampilan dalam bidang keterlambatan, anak Anda membutuhkan bantuan ekstra dan perawatan yang ditargetkan.

Percaya dengan nalurimu. Idealnya, dokter anak Anda akan menangani masalah Anda dengan serius dan melakukan evaluasi menyeluruh untuk autisme atau keterlambatan perkembangan lainnya. Tetapi kadang-kadang, bahkan dokter yang bermaksud baik kehilangan bendera merah atau meremehkan masalah. Dengarkan naluri Anda jika ia memberi tahu Anda ada sesuatu yang salah, dan gigihlah. Jadwalkan janji tindak lanjut dengan dokter, cari pendapat kedua, atau minta rujukan ke spesialis perkembangan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *